Best Graffiti
Graffiti Art
Luxury Graffiti

Thursday, November 26, 2009

KERAMIK HASIL KARYA CIPTA YAMAN



























KERAMIK HASIL KARYA CIPTA YAMAN

Yaman adalah seorang sahabat sekaligus seorang pengrajin keramik maupun gerabah. Banyak karya ciptanya yang telah dipasarkan dan laku terjual, walaupun hasil karya ciptanya tidak semonumental hasil karya seniman terkenal. Dia hanyalah seorang pengrajin yang tekun sekaligus serius dalam menekuni bidangnya. Jikalau tinjauannya jumlah karya yang telah diciptakan, dia tidak kalah dengan para seniman keramik yang terkenal. Dia selalu kreatif mencipta setiap hari, tanpa mengenal lelah ataupun hari libur. Setiap hari adalah berkarya cipta dan selalu menghasilkan karya keramik, tanpa banyak berfikir apakah nantinya karya tersebut menjadi karya “best of the best” ataukah tidak. Yang terpenting menghasilkan karya keramik yang dapat untuk mengulur waktu menambah penghasilan hidupnya.

Yaman adalah seorang sahabat yang sangat memahami apa arti sebuah persahabatan. Sahabat bukanlah di saat kita senang saja, tetapi sahabat akan datang di saat kita membutuhkan peranan sebagai seorang sahabat. Dia akan selalu ringan tangan dalam membantu sahabatnya di saat membutuhkan bantuan. Walaupun hanya sekedar seorang pengrajin keramik tetapi dia akan begitu mudahnya untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk kebutuhan sahabat yang dalam kesusahan. Rasa sosial persahabatannya begitu tinggi dan perlu dicontoh oleh setiap orang. Di saat seperti sekarang ini memang mulai jarang ditemukan seorang sahabat yang baik, setia kawan, arif dan sifat yang tidak emosional.

Bentuk tubuhnya memang luar biasa besar, berotot dan bertenaga. Setiap orang akan segan dan bahkan tidak akan berani apabila harus beradu fisik dengannya. Tetapi di balik bentuk tubuh yang berotot seperti “Arnold Scwarzeneger”ini, dia mempunyai tipikal yang santun, sopan, tidak meremehkan orang lain, dan tutur bahasanya lemah lembut tidak seperti bentuk tubuhnya yang menakutkan. Suaranya juga tidaklah keras, tapi cenderung dikendalikan berdasarkan siapa yang sedang diajak bicara. Berbicara dengan orang tua menggunakan bahasa yang baik dan sopan, dengan teman dan sahabatnya juga begitu, tetapi jika diperlukan dia bisa menggertak orang yang kurang ajar dengan nada tinggi.

Yaman memang sekarang telah tiada, tetapi banyak yang dapat dipetik dari sisi kehidupannya. Sebagai seorang sahabat dia telah dapat membuktikan kesetiakawanannya, dengan berbagai pengorbanan yang telah dia berikan. Sebagai seorang anak dia telah banyak berbakti dan menghormati kepada orangtuanya. Sebagai seorang suami, dia bertanggung jawab terhadap keluarganya (istrinya). Sebagai sorang pengrajin keramik dia telah membuktikan hasil karya ciptanya, baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Sosok kepribadiannya memang luar biasa bagusnya, berkembang di lingkungan anak-anak yang terbiasa dengan mabuk-mabukan, dia tidak tersentuh sama sekali dengan minuman keras. Di lingkungan orang-orang yang terbiasa merokok diapun tidak ikut merokok. Begitu juga beberapa kebiasaan penyakit masyarakat yang bersifat negatif, dia tidak terjerumus di dalamnya. Mengapa aku bisa mengatakan dan menulis hal seperti ini, karena aku adalah salah satu sahabat kentalnya dari masa anak-anak sampai dengan masa akhir hayatnya. Waktu hidupnya telah banyak dihabiskan bersamaku, terutama sebelum dia berkeluarga. Main bersama, bersepeda bersama, berkarya kami saling membantu dan bahkan dia yang lebih banyak mengeluarkan tenaganya untuk memberikan satu bentuk persahabatan yang mulia. Yach…memang takdir yang memisahkan persabatan kita.

Gambar-gambar karya kerajinannya di atas, memang sengaja aku tunjukkan untuk mengenang kembali persahatan yang tulus, yang telah lama berlalu. Wujud persahabatan yang takkan hilang di makan waktu, walaupun sahabat itu sendiri telah lama tiada, bentuk persahabatan yang abadi. Ternyata tidak terasa waktu telah lama berlalu, telah lebih dari 15 tahun dia telah tiada, tapi arti persahabatan itu takkan pernah hilang sampai saat ini. Seorang sahabat yang sulit ditemukan kembali seperti sosok kehidupannya. Teman biasa mudah kita cari, tetapi sahabat sejati takkan semudah kita temukan.

(Semua bentuk keramik di atas adalah pemberian dari sahabatku yang telah lama tiada: YAMAN).



No comments:

Post a Comment