Best Graffiti
Graffiti Art
Luxury Graffiti

Tuesday, November 24, 2009

MOTIF MATARAM

MOTIF MATARAM

Motif Mataram merupakan motif ukiran tradisional yang berkembang dan digemari di daerah Jawa. Sama halnya dengan motif Majapahit dan motif Bali yang erat hubungannya dengan pemberian nama-nama kerajaan yang pernah ada di Jawa. Motif ini juga dapat dipandang dari dua hal yaitu ciri-ciri umum dan ciri-ciri khusus,

Ciri-ciri umum:

Motif Mataram ini mempunyai semua bentuk ukiran daun baik daun pokok maupun daun yang kecil-kecil berbentuk cekung. Cekungan ini dalam istilah ukiran tradisional disebut krawingan. Bentuk ukiran daun motif ini berbentuk daun patran, pada bagian ujung daun ada yang mempunyai ikal dan ada pula yang tidak berikal. Susunan daun moptif Mataram biasanya bergerombol hingga menyerupai daun alam.

Ciri-ciri khusus:

  1. Benangan motif ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu (a) benangan timbul, dan (b) benangan garis.
  2. Daun Trubus pada motif ini merupakan bentuk daun yang kebanyakan berbentuk bongkok. Daun Trubus ini biasanya tumbuh di muka benangan dan berhenti di bawah ikal daun, seolah-olah menahan ikal daun tersebut.
  3. Pecahan pada motif Mataram kebanyakan berbentuk pecahan cawen. Di samping pecahan cawen juga terdapat pecahan garis yang terdapat pada bagian yang menarik dari bentuk daun motif ini. Bentuk pecahan pada motif ini memang kelihatan lebih variatif dibandingkan pada bentuk-bentuk motif yang lainnya.

No comments:

Post a Comment