Best Graffiti
Graffiti Art
Luxury Graffiti

Monday, March 1, 2010

LAMUNAN SENI

Hasil lamunan bermakna bentuk helikopter dari Leonardo da Vinci diambil dari: http://tidakmenarik.files.wordpress.com/2009/08/0002-multibarrledmachinegun_thumb1.jpg
Rancangan helikopter karya Leonardo da Vinci diambil dari http://jackwardoyo.files.wordpress.com/2009/06/helikopter-da-vinci2.jpg
Hasil lamunan Leonardo sketsa helikopter 2.bp.blogspot.com/_nvTrrbuV4nA/S...r-04.jpg
Hasil lamunan leonardo: 2.bp.blogspot.com/_nvTrrbuV4nA/S...r-04.jpg

Lamunan leonardo: 2.bp.blogspot.com/_nvTrrbuV4nA/S...r-04.jpg

Lamunan bermakna dari Leonardo da Vinci yang berupa sketsa helikopter http://lh3.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SoBQ0CgWcII/AAAAAAAALUQ/CeNqnyz-YLI/s512/davinci-militer-13.jpg
Pagi-pagi yang teramat indah ini, angan-anganku melayang jauh. Menerobos batas-batas kewajaran yang ada. Membayangkan berbagai kehidupan yang ada maupun bayangan kehidupan yang akan dihadapi di masa yang akan datang. Wajarlah bagiku menginginkan sesuatu terjadi secara ideal, sesuatu yang di idamkan sesuai batasan normal yang telah ada. Asalkan bayangan itu masih dapat diraih secara realita kehidupan. Bukan sesuatu yang tak mungkin dapat diraih. Dapat ditempuh dengan batasan tenaga dan pikiran manusia secara normal dan wajar.
Membayangkan objek tertentu memang tidak semua orang dapat menggambarkan sesuatu yang wajar. Membayangkan gambaran tertentu cenderung untuk menangkap hal-hal dibatas kewajaran kita, artinya bayangan tersebut cenderung pada lamunan ilusi belaka yang tak mungkin diwujudkan dalam alam nyata. Tetapi lamunan di luar batas kewajaran ini9 sangatlah dibutuhkan dalam mencari imajinasi-imajinasi yang cerdas untuk terwujudnya sebuah karya seni.
Hasil karya seni yang cemerlang dapat lahir dari hasil lamunan di luar batas kewajaran. Contohnya adalah hasil sketsa gambaran helikopter atau pesawat terbang yang dirancang oleh Leonardo da Vinci pada saat itu merupakan hasil lamunan di luar batas kewajaran. Beberapa puluh tahun kemudian barulah rancangan itu menjadi sesuatu yang wajar karena adanya dukungan teknologi yang lebih memadai. Itulah hasil lamunan yang cemerlang dapat diwujudkan menjadi realita yang wajar setelah terciptanya daya dukung yang mempermudah pembuktian bayangan tersebut.
Lamunan seni bukanlah sekedar khayalan belaka, tetapi merupakan bentuk khayalan yang bermakna. Khayalan bermakna artinya hasil dari lamunan dapat terwujud dalam realita atau kenyataan hidup. Walaupun wujudnya berupa hasil karya visual belaka (untuk ukuran di luar dunia seni), tetapi itu merupakan bukti bahwa lamunannya menghasilkan karya yang mempunyai arti.
Lamunan Seni tingkat tinggi tidaklah hanya sekedar perwujudan realita karya yang dihasilkan. Wujudnya harus mempunyai simbol dan makna yang dapat diterjemahkan ke dalam estetika seni. Estetika seni mempunyai prinsip-prinsip tertentu, sehingga hasil karya seni itu berkualitas dan dapat dipertanggunjawabkan dari segi bentuknya. Kualitas seni inilah yang dapat dilahirkan dari hasil lamunan seni tingkat tinggi. Memang untuk melamunkan seni dibutuhkan waktu dan jam terbang yang tinggi pula. Untuk itu dibutuhkan pula rutinitas latihan dari tahap ke tahap berikutnya dengan jenjang waktu yang sangat lama, baru nantinya akan memunculkan ide dan gagasan seni yang tidak sekedar lamunan seni yang instan.

No comments:

Post a Comment