Best Graffiti
Graffiti Art
Luxury Graffiti

Thursday, September 16, 2010

PARA ISTRI ARJUNA 2: ULUPI

Dewi Ulupi merupakan salah satu istri Arjuna yang berputra Bambang Irawan. Gambar ini diambil dari http://wayangwayangbharatapandawa.blogspot.com/



Ulupi

Ulupi (Sanskerta: उलूपी ; Ulūpī atau Uloopi), dalam wiracarita Mahabharata, merupakan salah satu istri Arjuna. Ia adalah seorang puteri dari suku naga, anak Korawya. Ia merupakan ibu bagi Irawan, salah satu putera Arjuna. Ia juga mampu menghidupkan Arjuna setelah dibunuh oleh Babruwahana dalam pertempuran.

Dalam bahasa Sanskerta, kata Ulupi secara harfiah berarti "muka yang mempesona".

Dalam Mahabharata disebutkan bahwa Ulupi merupakan seorang janda. Suaminya dibunuh oleh Garuda. Ia bertemu dengan Arjuna saat Arjuna menjalani masa pembuangan selama satu tahun. Ketika itu, Arjuna mandi di sungai Gangga yang dianggap suci, kemudian Ulupi bertemu dengannya. Ulupi membujuk Arjuna agar mau menikahinya. Meskipun Arjuna menyukai Ulupi, ia menolak untuk menikahinya karena sudah menikahi Dropadi. Setelah Ulupi merayu Arjuna dengan alasannya yang jelas, Arjuna bersedia menikahinya.

Arjuna tinggal bersama Ulupi dalam waktu yang singkat, setelah itu ia pergi dari sungai Gangga dan menceritakan pengalamannya kepada para resi yang tinggal di pinggir sungai. Dari pernikahannya dengan Arjuna, Ulupi melahirkan seorang putra yang diberi nama Irawan. Irawan diasuh oleh ibunya di negeri Naga, dan tumbuh menjadi seorang pemuda yang kuat dan gagah berani seperti ayahnya.

Setelah Babruwahana membunuh Arjuna yang tak dikenalinya, Babruwahana memutuskan untuk bunuh diri namun Ulupi datang untuk mencegahnya dan memberikan sebuah batu permata yang berharga. Kekuatan istimewa batu tersebut ialah dapat menghidupkan orang yang sudah mati. Batu permata itu digunakan oleh Ulupi untuk menghidupkan Arjuna kembali. Setelah Arjuna hidup, Babruwahana insaf lalu meminta ma'af.

Ulupi tinggal bersama wangsa Kuru di Hastinapura. Saat para Pandawa dan Dropadi memutuskan untuk melakukan perjalanan terakhir mereka, Ulupi kembali ke tempat asalnya di sungai Gangga. (Artikel ini diambil dari http://id.wikipedia.org/wiki/Ulupi).



No comments:

Post a Comment