Best Graffiti
Graffiti Art
Luxury Graffiti

Thursday, September 16, 2010

PARA ISTRI ARJUNA 3: LARASATI

Dewi Larasati salah satu istri Arjuna, yang berputra Brantalaras,. Gambar ini diambil dari http://wayangwayangbharatapandawa.blogspot.com/





LARASATI

Rarasati anak Antagopa, gembala ternak Prabu Basudewa dari negara Madura. Tetapi sebenarnya Rarasati putri Basudewa

yang dirahasiakan. Rarasati adalah adik Patih Udawa dari Dwarawati.

Rarasati hanya terhitung seorang hamba, tetapi karena cantiknya dan karena secara batin ia adalah putri Basudewa, begitu pula saudara Udawa, maka ia pun diperistri oleh Arjuna, sekalipun hanya sebagai gundik.

Rarasati sangat setia pada Arjuna. Apa yang diajarkan oleh

Arjuna kepadanya, diamalkannya dengan sempurna, seperti juga ajaran mengenai cara menggunakan senjata. Karena itu Rarasati terkenal juga sebagai putri perjurit.

Di dalam lakon Srikandi meguru manah, berguru memanah pada Arjuna, Rarasatilah yang bertanding melawan Srikandi dalam hal memanah. Srikandi kalah dan berguru pada Rarasati, hingga akhirnya berkepandaian sama dengan Rarasati.

Rarasati bermata jaitan, berhidung mancung, bermuka agak mendongak. Bersanggul besar dengan sebagian rambut terurai. Berjamang dan bersunting waderan, berkalung bulan sabit, bergelang dan berpontoh. Berselendang. Berkain dodot putren.


Sumber : Sejarah Wayang Purwa - Hardjowirogo - PN Balai Pustaka – 1982 (Artikel diambil dari http://ki-demang.com/gambar_wayang/index.php?option=com_content&view=article&id=1178&Itemid=1192).

No comments:

Post a Comment