Best Graffiti
Graffiti Art
Luxury Graffiti

Friday, September 17, 2010

PARA ISTRI ARJUNA 5: JIMAMBANG

Jimambang merupakan salah satu istri Arjuna, yang berputra Kumaladewa. Dewi Jimambang adalah puteri Resi Wilwuk dari hutan Alas Wanamarta. Gambar diambil dari http://wayangwayangbharatapandawa.blogspot.com/



DEWI JIMAMBANG

DEWI JIMAMBANG adalah putri tunggal Jin Wilawuk, naga bersayap yang menjadi pendeta di pertapaan Pringcendani. Atas usaha ayahnya, Dewi Jimambang berhasil menjadi isteri Arjuna, putra Prabu Pandu dengan Dewi Kunti. Arjuna yang kalah dalam peperangan melawan Jin Wilawuk, akhirnya bersedia diboyong ke pertapaan Pringcendani dan menikah dengan Dewi Jimambang.



Sebagai hadiah perkawinan, kepada Arjuna, Bagawan Wilawuk memberikan sebuah cupu berisi minyak Jayengkaton, yang berkhasiat ; apabila diusapkan pada kelopak mata dapat melihat segala sesuatu yang bersifat siluman ( = alam gaib). Dengan bantuan minyak Jayengkaton , Arjuna dan saudaranya Pandawa dapat menundukkan raja-raja Jin di hutan Mertani.



Dari perkawinannya dengan Arjuna, Dewi Jimambang memperoleh dua orang putra masing-masing bernama ; Bambang Kumaladewa dan Bambang Kumalasakti. (Artikel ini diambil dari http://maztrie.blogspot.com/2009/05/tokoh-wayang-mahabarata-yang-kurang.html).



No comments:

Post a Comment