Best Graffiti
Graffiti Art
Luxury Graffiti

Thursday, May 6, 2010

ULASAN LAIN TENTANG BAGONG





Semar, Gareng, Petruk dan Bagong Para punakawan0, diambil dari http://wayangpustaka.files.wordpress.com/2009/11/semar-gareng-petruk-bagong.jpg

Gambar Bagong dalam bentuk lain, diambil dari http://www.chicagogamelan.org/wayang/Images/Bagong.jpg


BAGONG

BAGONG ....................adalah anak angkat ketiga Semar. Dia adik Gareng dan Petruk. Diceritakan ketika itu Gareng dan Petruk minta dicarikan teman, sanghyang Tunggal bersabda :"Ketahuilah bahwa temanmu adalah bayanganmu sendiri." Seketika itu bayangan berubah menjadi manusia dan selanjutnya diberi nama Bagong.

Bagong berbadan pendek, gemuk seperti semar tetapi mata dan mulut lebar. Ia memiliki watak banyak bercanda, pintar membuat lelucon, bahkan terkadang saking lucunya menjadi menjengkelkan. Beradat lancang, tetapi jujur, dan juga sakti. Kalau menjalankan tugas terkadang tergesa-gesa kurang perhitungan. Bagong bersuara besar dan kedengaran agak kendor di leher.

Ada yang mengatakan kalau Bagong berasal dari kata Baghoo (bahasa Arab) yang artinya senang membangkang/ menentang, tidak mudah menurut atau percaya pada nasihat orang lain. Ini juga menjadi nasihat pada tuannya bahwa manusia didunia ini mempunyai watak yang bermacam-macam dan perlu diperhatikan dan diwaspadai dari watak dan karakter masing - masing watak tersebut.

Inti pendidikan dan budi pekerti :

Hidup ini perlu hiburan

Setiap tindakan jangan tergesa-gesa dalam pelaksanaannya, harus diperhitungkan terlebih dahulu, minimal dampak negatif dan positif yang akan timbul akibat dari perbuatan kita tersebut.

Pelajari berbagai macam watak/ karakter manusia agar kita bisa hidup bermasyarakat dengan baik.

Kejujuran modal utama dalam bermasyarakat, tanpa itu kita akan dijauhi oleh orang lain.

Artikel ini diambil dari http://id.shvoong.com/humanities/1894249-wayang-bagong-dan-makna-filosofisnya/

No comments:

Post a Comment